Perubahan itu Jelas

Posted by: | Posted on: February 6, 2018

Globalisasi semakin mempengaruhi kehidupan dunia dimana tidak ada lagi jarak antara negara dengan ngara lain begitu dekatnya sehingga sebagai bangsa yang besar harus memikirkan bagai mana menghadapi globalisasi. Perubahan itu jelas akan dan sedang terjadi. Pertanyaannya mau kah kita berubah ? kalau kita berkeinginan untuk berubah maka perubahan itu jelas harus ada keinginan dan komitmen yang tinggi untuk melaksanakannnya.

Begitu pula dengan sistem pendidikan, perubahan kurikulum selalu memberikan wahana baru dari perubahan sistem pemberlajaran yang harus segera di sosialisasikan kepada pemangku kepentingan, Dinas Pendidikan Propinsi, Disdik Kabupaten/Kota, kepala sekolah sampai pada guru sebagai ujung tombak keberhasilan penyampaian ilmu kepada peserta didik. Perubahan kebijakan tentu akan memnghabiskan biaya yang tidak sedikit apalagi pelaksanaan kurikulum 13 smpat di hentikan dan sekarang di berlakukan kembali dengan sistem beberapa tahap, mulai dari 6% yang melaksanakan pada tahun Pelajaran 2015/2016, 19% pada tahun berikutnya samapai tahun pelajaran 2018/2019 seluruh sekolah telah melaksanakan kurikulum 13 dengan perubahan. Artinya perubahan ini akan memakan waktu yant tidak bersamaan pelaksanaan, pada tahun tersebut masi ada sekolah yang menggunakan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) sampai tiga tahun berikutnya baru pada tahun Pelajaran 2020/2021 seluruhnya telah melaksanakan kurikulum.

Selanjutnya bagai mana dengan evaluasi keberhasilan dari pelaksanaan kurikulum 13 perubahan yang pelaksanaannnya tidak seragam. Hal ini akan melahirkan kebijakan baru dengan perubahan kurikulum yang lain lagi.  Begitulah perubahan itu harus jelas, kemana arahnya.





Kembali KeatasKembali Keatas