Belajar Matematika ?

Posted by: | Posted on: December 27, 2017

Manusia diberi kelebihan masing-masing oleh yang Maha kuasa, mulai dari kepandaian bernyanyi, menghapal, teknik dan keterampilan lainnya, seperti kepandaian berbicara, kepandaian bergaul dengan teman sejawat serta banyak lagi kelebihan-kelebihan lainnya yang ada di dalam diri seseorang. Tetapi kelebihan-kelebihan itu harus di latih dan di biasakan. Berkaitan dengan kelebihan ini manusia harus dilatih dengan konsep-konsep dalam menjalankan kehidupan. Konsep-konsep ini banyak dalam pelajaran matematika. Matematika sebagai sebuah ilmu sangat dibutuhkan oleh semua bidang ilmu, bahkan matematika di katakan sebagai queen of sciene (ratu nya Ilmu Pengetahuan) sehinggap bidang ilmu apa saja membutuhkan apa yang disebut matematika.

Pelajaran Matematika harus diberikan kepada peserta didik pada usia SD sampai perguruan tinggi, tetapi yang penting adalah waktu di Sekolah Dasar karena hal ini memberikan konsep dasar bagai mana menyampaikan konsep penjumlahan, misalnya konsep penjumlahan pada peserta didik kelas satu SD harus mengenal hitungan dengan konsep yang nyata. Konsep penjumlahan, perkalian dan pembagian ini merupakan konsep dasar dalam matematika dan akan terus di pelajari sampai ke perguruan tinggi, tetapi di kelas-kelas slanjutnya peserta didik di berikan konsep berpikir dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, matematika tidak boleh di takuti, tetapi harus di pelajari dehngan konsep yang jelas dan diberikan oleh guru yang memang kompeten dalam bidangnya. Jika di takuti oleh peserta didik, maka peserta didik akan kehilangan daya nalar dan berpikir kritis terhadap sesuatu yang dipelajarinya. Seseorang yang memiliki dan memahami matematika, maka ia akan memahami daya nalar dan memaksimalkan otak kanan. Sehingga peran serta orang tua wali peserta didik harus jeli dalam melihat perkembangan putera-puterinya.

Matematika di butuhkan sampai ke perguruan tinggi, karena di perguruan tinggi dalam setiap program studi ada mata kuliah yang disebut matematika dasar, statistik dan lain-lain. Matakuliah tersebut membutuhakan pemahaman tentang konsep  matematika. Oleh karenanya bagi peserta didik yang ingin memahami matematika harus sering mempelajari melaui bertanya kepada gurunya  atau melalui belajar tambahan.





Kembali KeatasKembali Keatas